Do your best

Pages

25 April 2013

Penanaman Satu Milyar Pohon di Satrad 245 Saumlaki

tanam_pohon1

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional Kabupaten Maluku Tenggara Barat tahun 2012. Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat (MTB) di bawah Instansi Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten MTB melaksanakan kerjasama penanaman 1 milyar pohon dengan Instansi samping  di Kabupaten MTB yakni  dengan Instansi Militer Satuan Radar 245 Saumlaki.


Untuk menyukseskan acara penanaman satu milyar pohon ini, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. MTB di bawah pimpinan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. MTB, Bapak Rein, melakukan survei untuk lokasi upacara penanaman pohon ini. Berdasarkan hasil survei yang sudah didapat maka dipilih lokasi Satuan Radar 245 Saumlaki sebagai tempat dilaksanakannya upacara penanaman satu milyar pohon karena satuan radar ini tergolong baru diresmikan oleh KASAU sehingga memerlukan banyak sekali pohon untuk penghijauan agar tidak kering dan tandus.

Komandan Satuan Radar 245 Saumlak, Letkol Lek Supriadi, menyambut dengan antusias kerjasama penanaman satu milyar pohon ini. “Dengan dipilihnya Satuan Radar 245 Saumlaki untuk pelaksanaan upacara penanaman satu milyar pohon ini maka selain untuk mempererat  tali silahturahmi di tingkat Muspida, acara ini juga merupakan media untuk memperkenalkan Satuan Radar 245 Saumlaki di Kab. MTB dan juga untuk semakin mempererat hubungan antara Satuan Radar 245 Saumlaki dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. MTB yang selama ini sudah terjalin dengan baik”, ungkap Beliau.

Acara penanaman satu milyar pohon ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 28 November 2012 yang bertempat di Satuan Radar 245 Saumlaki. Rangkaian acara yang dilaksanakan meliputi upacara penanaman satu milyar pohon, penanaman pohon secara simbolis, penanaman pohon secara serentak, senam bersama, dan kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Untuk upacara penanaman satu milyar pohon sebagai inspektur upacara adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. MTB, Mathias Malaka.SH.MTP. yang mewakili Bupati MTB karena berhalangan hadir. Adapun para Muspida Kab. MTB yang berkesempatan hadir diantaranya adalah Komandan Lanal Saumlaki beserta Ibu, Komandan Batalyon 734 Satria Nusa Samudra beserta Ibu, apolres Saumlaki beserta Ibu, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri Saumlaki, dan segenap unsur Pemerintah Daerah dan seluruh anggota Satrad 245 Saumlaki.

Penanaman satu milyar pohon  di Satuan Radar 245 Saumlaki meliputi penanaman pohon di sepanjang kiri dan kanan jalan menuju pos depan Satrad 245 Saumlaki, sekeliling pagar, area perkantoran dan sekeliling site radar.

tanam_pohon2
Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar dan target penanaman satu milyar pohon secara serentak tercapai.  Sebelum acara penanaman pohon massal selesai, Sekda MTB  sempat berpesan kepada Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan MTB dan Komandan Satuan Radar 245 Saumlaki untuk turut berperan aktif dalam merawat dan menjaga pohon yang sudah ditanam agar kelak bermanfaat untuk seluruh masyarakat saumlaki dan seluruh anggota Satrad. Dan tak lupa beliau juga mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama yang baik antara dua instansi yang terkait, yaitu Dinas Kehutanan dan Perkebunanan Kab. MTB dan Satrad 245 Saumlaki. Harapan Beliau semoga kerjasama seperti ini tetap bisa dilakukan dikemudian hari.

1 komentar:

Menanam bibit pohon untuk masa depan memang sangatlah bagus. Namun sikap yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan juga salah satu langkah terbaik yang bisa Anda lakukan. Oleh karena itu, kami Greenpack ingin sekali mewujudkan indonesia yang hijau terbebas dari sampah-sampah yang merusak lingkungan. Lebih lanjut tentang kami dapat Anda temukan di sini : http://www.greenpack.co.id/

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.